Wednesday, May 25, 2011

Kurangi Limbah Elektronik

Posted by Celotehan Gue at 2:21 AM
PROLOG... Tahukah agan ke mana perginya semua telepon seluler (ponsel) yang sudah tidak terpakai? Tidak seperti sampah kering maupun basah yang masih bisa didaur ulang, berbagai limbah elektronik ini sulit untuk didaur ulang. Berdasarkan data United Nations Environtment Programme (UNEP), peningkatan limbah elektronik tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan limbah umum lainnya .
.

Ponsel misalnya, sebagai barang elektronik yang sarat teknologi, benda ini selalu berusaha memperbaharui produknya. Baik secara fitur, maupun bentuk. Oleh karena itu, proses daur ulang menjadi sulit untuk dilakukan, sebab para produsen selalu menghasilkan handphone baru tanpa memikirkan bagaimana mengolah / mendaur ulang ponsel / baterai ponsel yang tidak terpakai..

Data United Nation Environment Programme (UNEP) dari PBB menunjukkan, setiap tahun di seluruh dunia terkumpul 36 juta ton limbah elektronik. Masalah limbah elektronik ini menginspirasi L'Oreal Indonesia mengadakan kompetisi sains tingkat SMU bertemakan "Let's Save the World from Electronic Waste".

"Tema ini diambil karena masalah sampah elektronik telah menjadi isu besar bagi negara-negara berkembang. Untuk itu, melalui L'Oreal Girls Science Camp 2011, kami mengajak siswi SMA di seluruh Indonesia untuk berpikir kreatif mendesain suatu proyek sains pengolahan limbah elektronik yang berbahaya menjadi sesuatu yang berguna dengan menggunakan prinsip 3 R (reduce, reuse, recycle). Ini sebagai bentuk kontribusi mereka ikut mengatasi masalah ini, khususnya di lingkungan sekolah," ujar Jean Christophe Letellier, Presiden Direktur L'Oreal Indonesia, dalam keterangan pers, Rabu (25/5/2011).

Program yang didukung oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO ini adalah kompetisi sains tahunan ke-7 yang diadakan untuk tingkat SMA. Panitia menyebarkan 100 undangan ke sekolah-sekolah di wilayah Jawa, terutama DKI Jakarta. Setiap sekolah diwakili satu tim yang terdiri dari tiga remaja putri kelas I. Setiap tim mengirimkan karya sains sesuai tema tahunan. Lima belas tim dengan proposal terbaik diundang mengikuti acara L'oreal Science Camp.

Sumber 

1 comments:

badut karawang said...

Blogwalking, kunjungan balik - terimakasih atas kunjungan ke blog saya :D

Post a Comment

Dilarang SPAM
Komen Mengandung SARA,PORNO,Kekerasan

 

Copyright © 2011 Celotehan Gue | Design by Kenga